wolipop – Jakarta, Saat mendapat panggilan untuk wawancara kerja, tentunya penampilan merupakan hal yang penting karena inilah imej pertama Anda. Lantas bagaimana caranya untuk tampil maksimal saat interview?Seperti dikutip dari ehow, ada tujuh langkah yang perlu Anda ikuti demi mendapatkan tampilan terbaik saat wawancara kerja.

1. Pakai Busana Sesuai Budaya Kantor
Jika Anda tidak mengetahui busana apa yang biasanya dipakai oleh para karyawan di tempat Anda melamar, jangan takut untuk menelpon resepsionis calon kantor Anda tersebut. Hal ini membantu mengurangi risiko salah kostum. Di perusahaan konsultan dan bank, biasanya menuntut karyawannya berpenampilan rapi dengan blazer, kemeja dan celana bahan. Sementara di perusahaan kreatif seperti desain grafis, periklanan atau fashion lebih fleksibel dalam berpakaian.

2. Lokasi Kantor
Perhatikan lokasi kantor tempat Anda wawancara. Jika lokasi kantor tersebut berada dalam pertokoan atau rukan (rumah kantor) Anda bisa mengenakan busana yang sedikit santai seperti sweater dengan celana bahan. Tetapi bila kantor tersebut berada dalam gedung atau kawasan bisnis, sebaiknya kenakan stelan blazer yang konservatif.

3. Pakai Sepatu Tertutup
Sebaiknya hindari sepatu dengan ujung terbuka seperti peep-toe atau sandal. Mengenakan sepatu terbuka membuat penampilan Anda terlihat lebih santai dan tidak profesional. Kenakanlah pantofel, pump shoes atau platform. Jangan mengenakan sepatu dengan hak terlalu tinggi karena hanya akan membuat pewawancara lebih fokus pada sepatu, bukan perkataan Anda.

4. Jangan Kenakan Rok Mini atau Pakaian Terlalu Ketat
Tampilan feminin namun formal bisa Anda nyatakan dengan mengenakan rok pensil sepanjang betis. Pilih rok berbahan nylon agar memudahkan Anda beraktivitas. Anda juga bisa mengenakan celana bahan berpotongan pipa atau boot-cut. Jangan sekali-kali berpikir untuk mengenakan rok mini atau pakaian yang terlalu ketat. Ingat, Anda datang untuk wawancara kerja, bukan pesta di klub malam.

5. Cek Kerapihan Busana
Sebelum dipakai, periksa kembali pakaian Anda. Apakah ada lubang, sobekan, noda atau kusut. Jika pewawancara melihat ‘cacat’ pada pakaian Anda, dia akan berpikir Anda tidak serius mempersiapkan diri untuk interview. Selain itu, noda atau kusut pada pakaian menunjukkan Anda orang yang kurang teliti.

6. Aplikasikan Riasan Natural
Untuk make-up, tidak ada yang lebih baik dari hiasan natural. Singkirkan hairspray dan aksesori Anda. Anting chandelier, bangles dan kalung chunky malah memungkinkan Anda tidak mendapatkan pekerjaan impian karena dinilai terlalu berlebihan. Lebih baik, kenakan scarf bermotif untuk pilihan aksesori yang tepat.

7. Tas Elegan
Taruh sejenak tas berpotongan santai seperti oversize bag, fringe dan boho di rumah. Kenakan tas elegan atau tote bag yang sederhana untuk memaksimalkan tampilan profesional Anda.

Iklan