Jakarta – Setelah dikabarkan bocor, Facebook akhirnya memutuskan untuk merilis secara resmi aplikasi chatting bagi pengguna Windows. Aplikasi bernama Facebook Messenger for Windows itu pun kini sudah tersedia untuk diunduh.

Sejumlah fitur dihadirkan Facebook di sini antara lain Facebook Chat, Ticker feed dan notifikasi. Diberitakan ZDNet dan dikutip detikINET, Jumat (30/12/2011), aplikasi ini dikembangkan sepenuhnya oleh Facebook dan tidak melibatkan Microsoft dalam pembuatannya.

Aplikasi yang sebenarnya sudah diujicoba pada November lalu ini hanya bekerja untuk Windows 7. Peluncuran tersebut mengikuti jejak perilisan aplikasi serupa untuk iOS, Android dan BlackBerry.

“Kami terus berusaha untuk membuat Facebook Messenger mudah diakses dari berbagai platform,” ujar juru bicara Facebook. “Messenger tersedia untuk iPhone, Android, BlackBerry dan kini kami menghadirkannya untuk Windows, sebuah aplikasi desktop baru,” tambah Facebook.

Dengan desktop client ini, pengguna masih tetap bisa chatting selagi browsing, tanpa harus membuka Facebook.com. Secara default ia dibuat unlocked, sehingga pengguna bisa menggeser dan memindahkannya pada layar.

Memang selain Facebook Messenger for Windows, sudah banyak aplikasi pihak ketiga yang menawarkan berbagai aktivitas Facebook. Namun aplikasi resmi tersebut diklaim menghadirkan pengalaman pengunaan yang lebih nyaman

Belum diketahui apakah nantinya Facebook akan menawarkan support untuk sistem operasi sebelum Windows 7 atau langsung melangkah ke Windows 8. Pun juga untuk Mac dan Linux, Facebook belum mengatakan apa-apa.

Iklan