detikcom – Jakarta, Bagi pasangan yang susah mendapatkan keturunan, banyak cara bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang kehamilan. Salah satu cara yang sudah terbukti bisa mempercepat kehamilan adalah dengan melakukan terapi akupunktur atau tusuk jarum.Penelitian tentang akupunktur dan manfaatnya untuk meningkatkan peluang kehamilan sebenarnya sudah sering diteliti, namun hasilnya selalu simpang siur. Ada yang mengatakan cara ini bermanfaat, namun sebagian yang lain mengatakan hal itu cuma mitos.

Namun 2 penelitian terabru yang dimuat di jurnal Acupuncture in Medicine dan Journal of Endocrinological Investigation kembali menegaskan bahwa akupunktur memang bermanfaat. Peluang hamil pada pasangan yang menjalani terapi ini cenderung menjadi lebih besar.

Ada beberapa alasan mengapa akupounktur bisa meningkatkan peluang kehamilan pada pasangan yang susah punya anak. Salah satunya, akupunktur bisa meredakan stres sehingga kesehatan dan kualitas sistem reproduksi laki-laki maupun perempuan lebih terjaga.

Alasan berikutnya adalah akupunktur bisa melancarkan peredaran darah, khusunya yang menuju ke organ reproduksi perempuan seperti indung telur dan saluran telur. Aliran darah yang baik membuat dinding saluran reproduksi menebal, sehingga peluang terjadinya pembuahan meningkat.

“Ini memang bukan obat mujarab, tetapi akupunktur terbukti benar-benar membantu bagi sebagian pasien untuk bisa sukses punya keturunan,” kata Dr Jamie Grifo dari Pusat Kesuburan di New York University yang memimpin penelitian itu seperti dikutip dari Healthday, Minggu (29/1/2012).

Selain meningkatkan peluang kehamilan, akupunktur juga bisa mengurangi risiko depresi pada ibu hamil. Penelitian di Stanford University menunjukkan 2 dari 3 ibu hamil yang mengalami depresi merasa lebih baik setelah diterapi dengan akupunktur.

Iklan