Stroke terjadi ketika sebuah gumpalan darah di salah satu pembuluh darah otak Anda, atau ketika salah satu dari mereka pecah. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu menjaga arteri Anda tetap lancar, dan jantung dan tekanan darah yang sehat.

Hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah stroke adalah tidak merokok. Anda juga perlu makan makanan yang sehat – di sini adalah 10 makanan anti-stroke.

Rendah garam segalanya
Terlalu banyak garam dapat membuat tekanan darah Anda meningkat, meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah otak pecah. Maksimum yang aman yang dianjurkan adalah 6g per hari untuk orang dewasa, dan sangat mudah untuk over, terutama jika Anda makan banyak makanan cepat saji.

Ikan Kembung
Ikan berminyak, seperti makarel, kaya akan omega-3 asam lemak esensial, yang menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyumbatan arteri, stroke dan serangan jantung. Ikan segar seperti makarel, salmon, trout, herring dan tuna adalah sumber terbaik dari lemak sehat, tapi tuna kaleng yang baik juga. Hanya saja, jangan mencari omega-3 dalam tuna kaleng – proses pengalengan tuna menghancurkan properti yang bermanfaat dari minyak.

Minyak zaitun
Salah satu alasan di balik reputasi sehat diet Mediterania itu, minyak zaitun membantu menjaga darah Anda mengalir lancar. Minyak tak jenuh tunggal seperti zaitun menurunkan tingkat kolesterol LDL berbahaya dalam darah Anda – dan itulah jenis kolesterol yang meningkatkan risiko stroke Anda.

Brokoli
Hal-hal hijau dikemas penuh dengan asam folat, vitamin B yang menurunkan tingkat homosistein dalam tubuh Anda. Homocysteine terlibat dalam tahap pertama dari gangguan di arteri, jadi sesuatu yang tidak Anda inginkan dalam darah Anda. Jangan merebus brokoli Anda – Anda akan kehilangan semua asam folat ke dalam air rebusan.


//

Jeruk
Jeruk yang dikemas penuh dengan antioksidan vitamin C, dan ini membantu mencari dan menghancurkan molekul berbahaya yang disebut radikal bebas, yang merusak lapisan arteri Anda, membuat stroke.

Pir
Pir adalah sumber serat larut. Tidak seperti serat tidak larut (atau ‘serat’, jenis yang ditemukan di kulit padi), serat larut adalah jenis serat yang bergetah membasahi kolesterol dalam tubuh Anda dan membuangnya.

Ayam
Panggang atau rebus, sepotong ayam merupakan sumber rendah lemak protein. Anda membutuhkan protein Anda, tetapi Anda tidak ingin protein dari sumber sumber yang tinggi lemak seperti sosis atau burger – terlalu banyak dapat mengakibatkan stroke dan serangan jantung.

Wortel
Wortel adalah sumber fantastis dari pigmen tanaman yang disebut beta-karoten, yang bertindak sebagai antioksidan dan mencegah kerusakan oksidatif pada arteri dari radikal bebas berbahaya. Populasi penelitian telah menunjukkan bahwa semakin diet tinggi antioksidan yang dimakan memiliki risiko rendah terkena stroke.

Bawang putih
Bawang putih mengandung zat kimia yang disebut allicin, yang membuat darah Anda kurang ‘lengket’, dan kurang mungkin untuk membeku dan menyebabkan stroke. Bawang putih (dan bawang) juga membantu menjaga lipid darah (lemak) dan kadar kolesterol turun.

Makanan
Stres diketahui meningkatkan risiko stroke, sehingga terus memasak sederhana. Membuat makanan sederhana yang tidak memakan waktu lama di dapur (seperti kentang panggang dan kacang, dada ayam panggang dengan saus rendah lemak, salmon panggang dan sayuran, atau tumis cepat). Jika Anda diresor untuk makanan siap saji, pilih opsi yang sehat, dan periksa label untuk isi kalori, lemak, garam dan gula.

[five-star-rating]

Iklan