Handphone, peralatan kecil yang multi fungsi dan telah bergeser ke istilah baru smartphone, sudah banyak digunakan dimana-mana, hampir disemua lapisan masyarakat di pedesaan maupun dikota. Anak remaja dan orang dewasa telah sangat umum menggunakan handphone.

Manfaat handphone sangat banyak, mulai dari kirim pesan teks, kirim gambar, telpon, dengerin lagu, baca email sampai main facebook. Berikut beberapa penelitian tentang efek handphone:

ScienceDaily (Nov. 5, 2010). Data penelitian berkualitas tinggi yang ada menunjukkan bahwa paparan jangka panjang untuk gelombang mikro dari telepon seluler dapat menyebabkan peningkatan risiko tumor otak, laporan sebuah kertas dalam edisi November / Desember Journal of Computer Assisted Tomography. Sumber.

5-11. Pria yang telah didiagnosis dengan kualitas sperma yang buruk dan yang berusaha untuk memiliki anak harus membatasi penggunaan telepon seluler mereka. Para peneliti di Austria dan Kanada telah menemukan bahwa penggunaan telepon seluler tampaknya meningkatkan level testosteron yang beredar dalam tubuh, juga dapat menyebabkan kualitas sperma rendah dan penurunan kesuburan. Sumber.

7-11. Anak-anak dan remaja yang menggunakan ponsel secara statistik  tidakt signifikan meningkatkan kanker otak dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang tidak menggunakan ponsel, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan 27 Juli 2011 di Journal of National Cancer Institute. Sumber.

8-11. Bahaya ponsel telah menyebabkan kebijakan preventif di Perancis, Israel, Finlandia, dan India, dan ada cara sederhana untuk meminimalkan resiko kesehatan yang berhubungan dengan paparan energi radiasi yang dipancarkan, menurut Devra Lee Davis, PhD, MPH, President of Environtmen Health Trust Kesehatan Lingkungan.

Dalam wawancara itu, dia mengeksplorasi risiko kesehatan dan kekhawatiran yang terkait dengan penggunaan ponsel seperti kanker otak, motilitas sperma dan viabilitas, implikasi kesehatan jangka panjang bagi kaum muda, dan demensia pada orang tua.

“Dalam menggunakan telepon, jarak adalah teman Anda, karena paparan radiasi jatuh secara dramatis karenaebih jauh dari otak atau tubuh Anda saat menggunakan ponsel Anda,” kata Dr Davis. “Jika Anda membaca peringatan yang datang dengan semua ponsel pintar hari ini mereka cukup jelas – ponsel tidak boleh digunakan di samping otak atau tubuh, atau disimpan dalam saku,” tambahnya. Sumber.

ScienceDaily (20 Oktober 2011) – Tidak ada hubungan antara penggunaan ponsel jangka panjang dan tumor otak atau sistem saraf pusat, menemukan penelitian baru dipublikasikan online di British Medical Journal. Sumber.

Demikian beberapa penelitian tentang efek handphone, telpon selular atau cordless phone. Akan ditambahkan bila ditemukan yang lain. Mungkin mengunakan earphone dan meletakkan sejauh mungkin handphone bila tidak digunakan lebih bijaksana.

Iklan