Brokoli mempunyai banyak khasiat, “Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.” penjelasan diambil dari wikipedia. Sayuran ini telah diketahui 2000 tahun lalu. Berikut rangkuman manfaat brokoli:

 

//

 

Mencegah kanker

Dalam brokoli terdapat kandungan sulforaphane yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan dan mencegah perkembangan kanker. “Kanker adalah penyakit yang sangat kompleks, sulforaphane adalah juga multi-tasker, semakin banyak tahu tentangnya semakin banyak manfaatnya” kata Emily Ho peneliti di Linus Pauling Institute at Oregon State University.

Mencegah dan melawan arthritis

Dengan kandungan yang sama sulforaphane bisa menghambat enzim yang menyebabkan kerusakan sendi pada osteoartritis – bentuk arthritis yang paling umum.

Mencegah stroke

Hal-hal hijau dikemas penuh dengan asam folat, vitamin B yang menurunkan tingkat homosistein dalam tubuh Anda. Homocysteine terlibat dalam tahap pertama dari gangguan di arteri, jadi sesuatu yang tidak Anda inginkan dalam darah Anda. Jangan merebus brokoli Anda – Anda akan kehilangan semua asam folat ke dalam air rebusan.

Meningkatkan kualitas seksual

Sebabnya, brokoli dan kembang kol bisa melebarkan pembuluh darah pada area urologis dan genital, sehingga aliran darah lebih lancar ke area tersebut. Hasilnya, menimbulkan efek positif pada libido dan kesuburan. Untuk menjaga kesehatan seksual, dianjurkan mengonsumsi brokoli atau kembang kol satu kali seminggu.

Sumber:

– Oregon State University. “Eat your broccoli: Another mechanism discovered by which sulforaphane prevents cancer.” ScienceDaily, 28 Feb. 2012. Web. 29 Feb. 2012.
– University of East Anglia. “Eating broccoli could guard against arthritis.” ScienceDaily, 15 Sep. 2010. Web. 29 Feb. 2012.
– Wolipop