Nutrisi yang ditemukan dalam daging gelap (dark meat) unggas dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner (PJK) pada wanita dengan kolesterol tinggi, menurut sebuah studi oleh para peneliti di NYU Langone Medical Center.

Penelitian yang diterbitkan online di European Journal of Nutrition, mengevaluasi efek dari taurin, nutrisi yang secara alamiah ditemukan dalam daging gelap kalkun dan ayam, serta dalam beberapa ikan dan kerang, pada PJK. Hal ini menunjukkan bahwa asupan taurin yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko PJK secara signifikan di antara wanita dengan tinggi kadar kolesterol. Namun hubungan yang sama tidak terlihat pada wanita dengan kadar kolesterol rendah.

Penyakit jantung koroner adalah pembunuh utama pria Amerika dan wanita, penyebab satu dari lima kematian. Juga dikenal sebagai penyakit arteri koroner, hal itu disebabkan oleh penumpukan plak di arteri ke jantung. Studi epidemiologi telah memberikan bukti bahwa faktor gizi merupakan faktor risiko penting untuk PJK.

Baca detail.
[five-star-rating]


//