Bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, berikut ini tip mudah dan alami untuk menurunkan tekanan darah.

Banyak olah raga

Olehraga sedikitnya 30 menit setiap hari dapat menurunkan hipertensi secara signifikan kata Gerald Fletcher, MD kardiologi di Mayo Clinic. Olah raga seperti jalan cepat, lari dan berenang.

Makan Pisang

Mungkin sudah umum diketahui bahwa makan banyak mengandung garam dam menaikkan tekanan darah tapi jarang yang mengetahui bahwa manfaat potasium untuk menurunkan tekanan darah. Potassium terdapat pada pisang, kentang (yang dibakar bersama kulitnya), jus jeruk dan non/low-fat yogurt

Kurangi garam

Kurangi asupan garam yang berlebih rekomendasi untuk penderita hipertensi adalah 1500 miligram setiap hari. Sodium banyak terdapat pada makanan jadi, jadi makanlah makanan alami. Bila ada label nutrisinya periksa kandungan sodiumnya.

Tidak merokok

Tidak merokok dapat menurunkan tekanan darah dan manfaat sehat lain yang tidak terhitung.

Kurangi berat badan

Riset menunjukkan bahwa mereka yang mengurangi berat badan mempengaruhi tekanan darahnya. Kelebihan berat badan membuat jantung bekerja lebih berat dan mempengaruhi tekanan darah

Kurangi alkohol

Asupan alkohol yang banyak bisa menaikkan tekanan darah pada beberapa orang. Riset menunjukkan bahwa meminum lebih dari dua gelas sehari bisa menaikkan resiko hipertensi baik pada pria dan wanita.

Tidak stress

Stress dapat menyebabkan naiknya tekanan darah.

Yoga

Masih berhubungan dengan stress, maka yoga bisa menurunkan stress. Studi di New Delhi menunjukkan latihan pernapasan yoga bisa mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi.

Jauhi Kafein

Kopi meskipun mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan tapi bukan untuk menurunkan tekanan darah. Cukup 2 cangkir sehari bagi penderita hipertensi. Lebih bagus lagi adalah mengecek tekanan darah sebelum minum kopi dan setengah jam setelah minum kopi. Jika naik 5 atau 10 poin maka lebih baik dihindari.

Meditasi

Meditasi sama seperti yoga yaitu untuk mengurangi tingkat stress seseorang.