Minum air dua liter sehari membantu dalam menjaga kesehatan? ternyata tidak selamanya benar, kata seorang ahli penyakit dalam.

“Minum air putih yang sangat berlebihan setiap hari dapat mengurangi kadar garam pada tubuh, sehingga tubuh dapat kekurangan natrium,” ujar Dr. dr. Parlindungan Siregar, SpPD-KGH dari bagian Ginjal dan Hipertensi, Departemen Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dalam  edukasi untuk media di Jakarta, Selasa (6/3/2012).

Kekurangan natrium pada tubuh dapat berakibat penderita cepat mengantuk atau lelah, atau pun alami dampak lain seperti kejang tubuh.

“Terkadang orang yang kekurangan natrium dapat alami kejang-kejang,” kata Parlindungan yang menambahkan agar orang yang berusia lebih dari 65 tahun sebaiknya minum air tidak lebih dari 1,5 liter per hari.

“Dua liter air itu baik untuk orang dewasa dalam kondisi sehat. Namun pada penderita gagal ginjal, konsumsi air harus dibatasi supaya kandungan air pada tubuhnya tidak berlebihan,” ujar Parlindungan.

Penghitungan dua liter air per hari itu termasuk air pada sup, air pada buah, susu, atau pun makanan yang mengandung air yang dikonsumsi setiap harinya.

Parlindungan juga berpesan, supaya minum air secukupnya saja, jangan sampai kurang namun jangan pula berlebihan.  (Fat/Ant)

Baca sumbernya.