Bukti semakin menguat bahwa debu bisa melindungi melawan penyakit, sedangkan gaya hidup ultra bersih buruk buat kesehatan. (Dailymail)

Dikatakan bahwa tanpa terkena kotoran dan kuman di awal kehidupan, sistem kekebalan tubuh tidak belajar bagaimana mengendalikan reaksinya terhadap penjajah sehari-hari seperti debu.Hal ini dapat menyebabkan mis-firing di kemudian hari, menyebabkan alergi dan penyakit lainnya.

Dilaporkan di Journal Science. Bukti terbaru didapat dari percobaan pada tikus yang dibesarkan didalam kandang steril dan makan makanan steril. Dan ketika tikus tersebut terkena asthma maka efeknya lebih parah dari biasanya.
Peneliti dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa tikus steril yang diletakkan di kandang normal tidak juga terlalu tahan penyakit tapi tidak menjadi sakit pada minggu pertama. Ini menunjukkan sistem kekebalan tubuh butuh waktu untuk bekerja.

Dr Richard Blumberg mengatakan “Studi ini menunjukkan pentingnya kondisi daya tahan yang sesuai di awal-awal kehidupan”

Studi lain menunjukkan bahwa anak dengan hewan peliharaan atau yang tumbuh di area pertanian lebih sedikit terkena alergi.

Pendapat Anda.

Iklan