Satu lagi manfaat tidur cukup, cukup disini berarti tidak kurang dari dari enam jam dan tidak lebih dari delapan jam terhadap kesehatan tubuh kita.

Sedikit tidur atau kebanyakan bisa membuat masalah di jantung. Data terbaru mengungkapkan bahwa orang dewasa yang tidur kurang dari enam jam semalam mempunyai resiko lebih besar terkena stroke, serangan jantung dan gagal jantung. Begitupun yang tidur lebih dari delapan jam semalam juga bisa terkena masalah jantung seperti nyeri data dan jantung koroner, penyempitan pembuluh darah yang  mensuplydarah dan oxigen ke otak. Data tersebut didapat dari riset yang dipresentasikan 25 Maret di American College of Cardiology tahunan ke 61.

“Kita sekarang mendapatkan indikasi bahwa kebiaaan tidur berpengaruh terhadap kesehatan jantung, dan itu seharusnya menjadi prioritas” kata R. Arora, MD, FACC, chairman cardiology dan professor of medicine Chicago Medical School. “Berdasarkan penemuan ini, nampaknya tidur enam sampai delapan jam sehari bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dalam jangka waktu panjang.

Ketidak cukupan tidur sebelumnya telah dikaitkan dengan hyper-activation system syarat sympatetic, glucose intolerance, diabeter dan peningkatan kadar kortison, tekanan darah, denyut jantung – yang semua ini berkaitan dengan penyakit kardiovaskular. Namun, peneliti masih belum tahu kenapa tidur lebih dari delapan jam juga berpengaruh terhadap jantung.