Ilmuwan melaporkan bukti bahwa chili peppers adalah makanan jantung sehat berpotensi melindungi dari pembunuh no 1 dunia tersebut.Riset sebelumnya menunjukkan bahwa makanan pedas bisa menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol darah dan mencegah terbentuknya penggumpalan darah.

Team menemukan bahwa capsaicin (senyawa yang membuat cabai panas/pedas) memperbaiki kesehatan jantung dengan dua arah. Mereka menurunkan kadar kolesterol dengan mengurangi akumulasi kolesterol dengan menaikkan ‘pemecahnya’ dan membuangnya melalui faces. Mereka juga menghalangi gen yang menghasilkan cyclooxygenase-2, yang membuat arteri menyempit (menghalangi aliran darah ke jantung dan organ lain) sehingga membuat aliran darah lebih lancar.

Penelitian dilakukan pada hamster yang diberi high kolesterol diet. Hamster dibagi menjadi dua group, satu group dberi makanan tanpa kandungan capsaicin (kontrol group).

Capsaicin menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh (tertimbun dalam pembuluh darah yang mengakibatkan penyempitan arteri dan menyebabkan stroke dan serangan jantung), tapi tidak berpengaruh dengan kolesterol baik.