detikcom – Jakarta, Kurang minum air putih bisa menyebabkan dehidrasi. Tidak hanya orang dewasa yang mengalaminya, anak-anak juga.Selain dapat menghaluskan kulit dan mengatasi dehidrasi, air putih juga mampu menurunkan demam anak.
Air putih atau air mineral berasal dari mata air yang berada di alam. Kandungan mineral dan bahan larut lainnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jumlah kebutuhan air mineral per hari untuk dewasa adalah 2-2,5 liter atau sekitar 8-10 gelas perhari. Sedangkan untuk anak usia balita membutuhkan 0,75 liter air
perhari sedangkan anak usia sekolah membutuhkan 1 liter air putih perhari.
Banyak manfaat yang didapat dari air putih diantaranya bisa membuat kulit menjadi halus, melancarkan sistem
pencernaan, menyehatkan jantung, dan menurunkan berat badan. Selain itu juga bisa menurunkan suhu tubuh anak saat demam.
“Jika suhu anak meningkat hingga 37 °C, bisa langsung diberikan air putih. Karena demam bisa disebabkan dari kurangnya konsumsi air atau dehidrasi,” ujar dr. Attila, Spa, Duta ASI Indonesia dari Brawijaya Woman and Children Hospital saat mengisi acara talkshow “Asupan yang Sehat dan Lezat untuk Tumbuh Kembang Anakku.”
Karena pengaturan keseimbangan cairan tubuh yang belum sempurna, anak-anak membutuhkan cairan yang lebih banyak. Kesadaran anak-anak akan kebutuhan cairan masih sangat rendah, untuk itu para orang tua wajib untuk memberikan cairan yang cukup
pada anak Anda.
Tanda dehidrasi pada anak bisa dikenali dari mata yang sedikit cekung, tidak keluar air mata saat menangis dan terlihat lemas. Jika anak masih diberikan ASI atau masih meminum susu formula, air putih harus lebih sering diberikan.