Pernahkah pemakai gadget Apple melihat iklan yang tampil pada layar ketika aplikasi dijalankan. Kalau pernah maka mungkin iklan atau aplikasi tersebut menggunakan UDID device Apple Anda.UDID adalah 40 karakter unik nomer identifikasi device Apple. UDID bisa diakses oleh developer aplikasi juga jaringan iklan iklan yang tampil dilayar gadget. UDID adalah penting buat jaringan iklan mobile dan bisa juga digunakan untuk menerobos keamanan device dan mencuri informasi personal. Dan sekarang Apple nampaknya menanggapi itu dengan serius.

Sebelumnya mengakses kode UDID adalah standar developer aplikasi juga mobile dan network. Dengan bergulirnya waktu diungkap bahwa UDID bisa digunakan untuk mengetahu akun Facebook, email, nomer hp dan banyak detail yang lain.

Ini membuat banyak masalah buat developer. Karena developer sering menggunakan UDID untuk mengidentifikasi Apple device untuk beberapa tujuan seperti transaksi pembelian yang dilakukan melalui device tersebut.

Untuk jaringan iklan mobile, iklan tertarget juga menggunakan UDID untuk menampilkan iklan yang relevan terhadap user. Dengan tidak bolehnya mengakses UDID akan membuat penurunan pendapatan dari iklan tertarget, karena iklan yang ditampilkan menjadi tidak relevan.

Ada solusi yang ditawarkan yaitu membuat UDID menjadi opt-out, artinya pemilik gadget mempunyai pilihan untuk membolehkan atau tidak bagi aplikasi untuk mengakses UDIDnya.

Semoga bisa didapat solusi yang saling menguntungkan kedua belah pihak.