Search engine raksasa Google harus waspada, karena website populer sosial network Facebook mulai mengutak atik search enginenya.Facebook secara diam diam sedang mengerjakan suatu teknologi yang mungkin membuat Google deg degan – search engine baru, search engine sekarang menggunakan Bing dan lebih menampilkan hasil akun user daripada website. Versi baru search engine Facebook dikabarkan dibangun berdasarkan jumlah konten raksasa – dari story sampai entertainmen yang dishare.

Langkah ini memberikan user cara baru untuk menemukan konten – diatur oleh informasi raksasa yang disimpan para pengguna facebook di akunnya daripada menggunakan algoritma Google.

Facebook juga diketahui merekrut mantan engineer Google, Lars Rasmussen untuk mengerjakan versi baru dari fungsi pencariannya. Rasmussen sedang bekerja diam diam bersama team 25 engineer menurut laporan Bloomberg BusinessWeek.

Google juga dikabarkan sedang mengerjakan upgrade dimana membuat pencarian Google lebih efektif, menurut laporan Wall Street Journal Google secara diam diam mengumpulkan informasi 200 juta entiti – orang, tempat, produk – dan versi baru pencarian akan memberikan user tentang entiti yang mereka cari.