Marah adalah sesuatu yang reaksi manusia yang wajar, bahkan terkadang marah bisa melepaskan stress.Bukti penelitian menemukan sering marah marah bisa meningkatkan resiko dari serangan jantung, stroke dan kesehatan yang buruk. Dikutip dari dailymail.

Universitas of Granada di Spanyol melakukan quiz kepada 50 pria dan wanita mengenai perasaan mereka tentang masa lalu, kesalahan dan kesempatan yang terlewat.

Penelitian yang diterbitkan di journal kesehatan PLoS One ini menunjukkan mereka yang selalu berkutat dengan masa lalu yang buruk lebih sensitif pada rasa sakit.

Penjelasan yang mungkin adalah mood negatif mengganggu sirkuit pada otak. Ketika kita marah, detak jantung meningkat, tekanan darah naik, dan aliran darah ke otot juga meningkat. Pada saat bersamaan kadar glukosa meningkat, kelenjar adrenalin memompa lebih banyak hormon adrenalin. Pupil mata membesar paru paru juga untuk memberikan oksigen ekstra.

Semua adalah reaksi normal dan bila kemarahan reda, maka semua kembali kefungsi normal tanpa ada efek untuk kesehatan.

Resiko kesehatan terjadi jika kejadian seperti ini terjadi secara teratur. Bisa menyebabkan ‘aus’ pada sistem kardiovaskular.

Tapi sifat marah tidak selamanya buruk, ini bahkan bisa mendorong sukses dalam pekerjaan.