Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), deureuyan belanda (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung). Penyebutan “belanda” dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti “kantung asam”) didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Kandungan dalam sirsak kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C:

Bisa mencegah dan mengobati kanker
Sirsak diketahui bisa mencegah dan juga ampuh untuk mengobati beberapa jenis kanker. “Untuk sirsak sendiri telah diteliti dapat mengobati kanker usus besar (colon), kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker prostat dan juga kanker buah dada (payudara),” dr Hardhi Pranata, SpS selaku Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI), dan beberapa penelitian. Sumber detik.

Daun sirsak bisa digunakan untuk pengobatan sakit pinggang. Caranya 20 lembar daun sirsak direbus dalam 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Setelah dingin, diminum 1 gelas tiap hari

Note: buah ini tidak boleh bagi penderita diabetes

Iklan