Tips 1: Pertama, untuk mencegah dan mengurangi radiasi komputer atau laptop, Anda harus makan vitamin C dan A berisi makanan. Apel, wortel, ceri dan tomat banyak mengandung vitamin C dan A. Vitamin C dan A membantu mengurangi efek radiasi.Tips 2: Hal ini sangat dikenal bahwa laptop dan monitor komputer menghasilkan beberapa jenis karsinogenik, barang yang sangat berbahaya dan merugikan bagi kesehatan. Sebuah metode yang paling baik untuk mengurangi ini adalah dengan menempatkan laptop dan komputer dekat dengan pendingin aerasi.

Tip 3: Karena radiasi komputer dari semua sisi. Pastikan tidak ada ruang terbuka dibelakang monitor.

Tip 4: Belakang monitor komputer adalah bagian yang memancarkan radiasi terkuat. Jarak mata yang ideal adalah 80cm dari monitor untuk mengurangi radiasi.

Tip 5: Kalau mengganti komputer atau laptop pilih yang model terbaru karena radiasi lebih minim dari model lama.

Tip 6: Menambah filter didepan layar monitor.

Tip 7: Pastikan tidak ada benda logam dekat komputer atau laptop karena dapat memancarkan sejumlah besar radiasi elektromagnetik yang berakibat buruk buat kesehatan.

Tip 8: Secara umum radiasi komputer atau laptop bisa melukai dan memberikan efek pada kulit manusia. Untuk itu anda bisa menggunakan facial mask. Bila telah selesai berkomputer basuh kedua tangan untuk mencuci partikel elektromagnetik karena partikel ini dapat melekat pada tangan dan muka.

Tip 9: Taruhlah beberapa pot tanaman kaktus dekat komputer untuk membantu menyerap radiasi.