Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pendidikan, Sains, dan Budaya (UNESCO) akhirnya mengakui Subak dari Bali sebagai warisan budaya dunia. Pengakuan ini berada dalam genggaman tangan setelah Indonesia berjuang selama 12 tahun.“Satu lagi kabar gembira bagi bangsa Indonesia, akirnya Bali Culture Landscape (Budaya Subak Bali) sebagai cermin Tri Hita Karana baru saja disetujui untuk ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO,” tulis Wakil Menteri Kebudayaan Windu Nuryanti, dalam pesan singkatnya, Jakarta, Ahad (20/5).

Menurutnya, sidang pertama berlangsung di St Pittrsbug, Rusia, Juni 2000 silam. Ini merupakan salah satu sejarah terpanjang proses pengakuan budaya di Indonesia. Untuk diketahui, subak adalah organisasi kemasyarakatan yang khusus mengatur sistem pengairan sawah yang digunakan dalam cocok tanam padi di Bali.

Subak biasanya memiliki pura yang dinamakan Pura Uluncarik atau Pura Bedugul. Pura tersebut khusus dibangun oleh para petani dan diperuntukkan bagi dewi kemakmuran dan kesuburan dewi Sri.

Komentar Anda